Cari Artikel

Mini Mobile Asphalt Mixer (Alat Pencampur Pasir dan Aspal Panas Skala Kecil Yang Dapat Dipindah-Pindahkan)


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2016

Abstrak

Pengaspalan jalan saat ini telah dilakukan dengan teknologi Hotmix dengan kualitas yang cukup baik. Namun teknologi ini membutuhkan biaya tinggi dengan peralatan yang besar sehingga sulit diterapkan untuk jalan di pedesaan/jalan lingkungan, sementara tren saat ini Dana Desa diarahkan untuk perbaikan jalan. Teknologi tepat guna yang mudah diaplikasikan dan mampu menjamin peningkatan kualitas jalan di desa maupun jalan lingkungan yang sempit sangat dibutuhkan.

Atas dasar hal tersebut, kami mencoba untuk membuat rekayasa alat agar dalam kegiatan pengaspalan jalan dengan biaya yang lebih murah dan penggunaan alat yang lebih sederhana dapat diaplikasikan di jalan pedesaan maupun dilingkungan yang sempit. Alat yang kami ciptakan disebut Mini-Mobile Asphalt Mixer.

Dinas terkait dalam melaksanaakn kegiatan pengaspalan diharapkan dapat pula menggunakan peralatan ini sebagai bentuk efisiensi dan agar jangkauan wilayah pengaspalan dapat lebih luas termasuk lingkungan pedesaan/pelosok desa.

Penggunaan alat Mini-Mobile Asphalt Mixer ini telah diujicobakan di Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah. Prospek pengembangan alat Mini-Mobile Asphalt Mixer sangat baik karena turut mendukung dan mempermudah kegiatan pengaspalan baik yang dilakukan oleh instansi terkait maupun kegiatan pengaspalan swadaya oleh masyarakat.

Keyword

Pengaspalan, Mini-Mobile Asphalt Mixer

Lihat/Download

Baca - 221 | Download - 12

Peneliti/Penulis

Nama Isnen Ambar, Santosa
Tempat, Tanggal Lahir -, 28 Nov 2016
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat Batang
Pekerjaan PNS
Nama Adhi, Bhaskoro
Tempat, Tanggal Lahir -, 28 Nov 2016
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat Batang
Pekerjaan PNS