Cari Artikel

Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pola Pikir Anak Usia SD di Desa Kluwih Kecamatan Bandar Kabupaten Batang


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2017

Abstrak

SARI
Keluarga sebagai kelompok masyarakat terkecil terbentuk oleh dua ikatan orang dewasa yang berkelainan jenis kelamin wanita, dan pria serta anak-anaknya yang mereka lahirkan. Kedudukan dan fungsi keluarga dalam kehidupan manusia sangat penting. Keluarga merupakan wadah pembentukan sifat dari masing-masing anggota, terutama anak-anak yang berada dalam bimbingan dan tanggung jawab orang tua. Peran orang tua dalam keluarga merupakan dasar utama dalam pembentukan pribadi dan pola pikir anak. Upaya-upaya tersebut terwujud apabila didukung pola asuh orang tua yang diberikan kepada anaknya.
Fokus penelitian ini adalah pola asuh orang tua terhadap pola pikir anak usia SD. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah warga Desa Kluwih di Dukuh Krajan dan Dukuh Gerdu serta anak-anak usia SD di Desa Kluwih. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sistem keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu.
Hasil penelitian ditemukan subjek pertama menerapkan pola asuh otoriter yang mempengaruhi perkembangan pola pikir anak yang sering marah, tidak patuh terhadap orang tua, dan pendiam. Subjek kedua menerapkan pola asuh demokrasi yang perkembangan pola pikir anaknya lebih mudah mengendalikan emosi, mudah bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar saat ia bermain. Subjek ketiga menerapkan pola asuh permisif yang membuat perkembangan pola pikir anak menjadi emosional, egois, mudah marah, dan tidak sabar.
Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua mempengaruhi perkembangan pola pikir anak. Hal ini dikarenakan masa anak-anak merupakan masa tumbuh kembang yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan kreativitas anak secara fisik, bahasa, sosial emosional, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Saran dari peneliti bagi orang tua agar dapat menambah ilmu pengetahuan serta mengetahui lebih dalam pola asuh yang selama ini diberikan kepada anak-anaknya dalam perkembangan pola pikir anak agar menjadi pribadi yang baik dan mandiri. Bagi pendidikan lembaga sekolah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dan bahan dalam pengelolahan pendidikan luar sekolah khususnya program pola pikir anak. Bagi Dewan Riset Daerah (DRD) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Batang dapat dijadikan acuan pengambilan kebijakan daerah Kabupaten Batang.

Keyword

Pola asuh orang tua, pola pikir anak usia SD

Lihat/Download

Baca - 253 | Download - 16

Peneliti/Penulis

Nama Indriyani,
Tempat, Tanggal Lahir -, 16 Nov 2017
Jenis Kelamin Perempuan
Alamat SMA Negeri 1 Wonotunggal
Pekerjaan Pelajar
Nama Rochmawati,
Tempat, Tanggal Lahir -, 16 Nov 2017
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat SMA Negeri 1 Wonotunggal
Pekerjaan Pelajar
Nama Salasatun, Maulidah
Tempat, Tanggal Lahir -, 16 Nov 2017
Jenis Kelamin Perempuan
Alamat SMA Negeri 1 Wonotunggal
Pekerjaan Pelajar