Cari Artikel

Latar Belakang dan Karakteristik Pekerja Seks Komersial (PSK) di Kabupaten Batang


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2016

Abstrak

Pekerjaan adalah pintu gerbang untuk mendapatkan uang. Pekerjaan yang layak akan memberikan kesejahteraan bagi manusia. Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat dan sempitnya lapangan pekerjaan kini menjadi masalah, sehingga timbul beberapa pilihan yang tidak layak seperti menjadi PSK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan karakteristik PSK di Kabupaten Batang serta tanggapan masyarakat terhadap keberadaan PSK.

Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Lokalisasi Petamanan dan Penundan. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian diperoleh bahwa alasan atau faktor penyebab wanita menjadi PSK di Kabupaten Batang mayoritas adalah faktor ekonomi, walaupun ada faktor lain seperti frustrasi ditinggal suami, masalah keluarga, ditipu oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab, dan hura-hura. Rata-rata usia PSK berkisar 27-36 tahun atau sebanyak 56,98%. Pendidikannya sebagian besar tamatan SD/sederajat dan SMP/sederajat. Warga asli Kabupaten Batang yang menjadi PSK sebanyak 31 orang dari jumlah keseluruhan yaitu 87 orang, sedangkan 56 orang berasal dari luar Kabupaten Batang, atau 64,37% adalah pendatang, sedangkan 35,63% adalah warga Kabupaten Batang. Tanggapan masyarakat Desa Banyuputih dan Desa Penundan lebih bersikap netral, acuh tak acuh, dan cenderung membiarkan (permisif), yang terpenting adalah mengikuti aturan yang diberikan oleh desa.

Saran, penggalakan pendidikan, menciptakan bermacam kesibukan, perluasan lapangan kerja, dan pendidikan seks. Selain itu juga dengan sosialisasi HIV/AIDS, penyempitan/penyatuan lokalisasi di Kabupaten Batang, pengadaan panti rehabilitasi di Kabupaten Batang, penerimaan eks-PSK, dan pembersihan warung remang-remang.

Keyword

Latar Belakang, Karakteristik, Pekerja Seks Komersial (PSK)

Lihat/Download

Baca - 360 | Download - 24

Peneliti/Penulis

Nama Renita Heni, Supyana
Tempat, Tanggal Lahir -, 28 Nov 2016
Jenis Kelamin Perempuan
Alamat Batang
Pekerjaan Mahasiswa
Nama Sigit, Prasetyo
Tempat, Tanggal Lahir Batang, 28 Nov 2016
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat Batang
Pekerjaan Mahasiswa
Nama Sumarni,
Tempat, Tanggal Lahir -, 28 Nov 2016
Jenis Kelamin Perempuan
Alamat Batang
Pekerjaan Dosen