Cari Artikel

Alat Pelarik Tanam Padi Jajar Legowo


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2016

Abstrak

Teknologi sistem tanam padi jajar legowo telah terbukti membawa dampak positif terhadap pengembangan usaha budidaya padi. Cara tanan padi jajar legowo telah dapat meningkatkan jumlah populasi tanaman padi hingga 30%. Dari hasil penelitian di Sukamandi, Subang Jawa Barat, menunjukkan bahwa sistem tanam jajar legowo 2:1 dapat meningkatkan produktivitas antara 0,20 0,96 ton/Ha. Namun demikian petani masih kesulitan dalam penerapannya di lapangan. Hal ini dikarenakan pada tanam padi sistem jajar legowo, tenaga tanam merasa kesulitan jarak tanamnya terlalu rumit untuk diterapkan. Berbeda dengan tanam padi sistem tegel yang jarak tanamannya sama semua.

Atas dasar hal tersebut, kami mencoba untuk membuat rekayasa alat agar dalam kegiatan penanaman padi sistem jajar legowo, tenaga tanam tidak kesulitan dalam menerapkan penanaman sebagaimana penanaman sistem tegel yang biasa mereka lakukan. Alat yang kami ciptakan kami sebut Alat pelarik tanam padi Jajar Legowo.

Petani melalui kegiatan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) dimana salah satu unsurnya adalah meningkatnya jumlah populasi tanaman padi perhektar yang diharapkan dapat pula meningkatkan produktifitas dan produksi padi,sehingga swasembada pangan dapat segera tercapai.

Penggunaan Alat Pelarik tanam padi jajar legowo ini telah disosialisasikan sejak tahun 2010 dan penyebarannya dibantu oleh Balai Pengkajian Tanaman Padi (BPTP) Jawa Tengah dan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Batang. Prospek pengembangan alat pelarik tanam padi jajar legowo dilakukan melalui kegiatan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) padi, sehingga swasembada pangan dapat dicapai.

Upaya-upaya penyuluhan/sosialisasi harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan oleh semua stokholder hingga kegiatan itu dapat menjadi kebiasaan petani.

Keyword

Alat Pelarik, Jajar Legowo

Lihat/Download

Baca - 259 | Download - 20

Peneliti/Penulis

Nama Miftachul, Ulum
Tempat, Tanggal Lahir -, 28 Nov 2016
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan -