Artikel
Cari Artikel
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LISSEND JAWMAN MATERI IKATAN KIMIA KELAS X-9 SMAN 1 BATANG
Info Artikel
Tempat Penelitian :Kabupaten Batang
Tahun Penelitian :
2017
Abstrak
SARI
Penelitian dilakukan atas keprihatinan
pengalaman lalu terhadap kurangnya semangat belajar materi ikatan kimia kelas
X. Hal ini dimungkinkan suatu pembelajaran yang kurang mendukung siswa ikut
terlibat dalam pembelajaran. Dicobakan model pembelajaran Lissend Jawman. Pembelajaran tersebut membawa siswa pada belajar
memecahkan masalah melalui diskusi kelompok dalam suasana yang menyenangkan
dengan bantuan alunan musik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan rasa
ingin tahu siswa dan prestasi belajar materi ikatan kimia siswa melalui
pembelajaran tersebut. Ruang lingkup penelitian adalah siswa kelas X-9 SMAN 1
Batang. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas.
Variabel penelitian adalah rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Instrumen
penelitian dengan menurunkan indikator pada variabel tersebut dan masing-masing
indikator diberi rubrik penilaiannya. Data diambil dengan menggunakan lembar
pengatan untuk variabel rasa ingin tahu dan tes untuk prestasi belajar. Data
yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menguji
adanya peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan pada kedua variabel setelah diterapkan pembelajarannya. Skor rasa
ingin tahu siswa pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut 75,3% menjadi 89,3%.
Adanya peningkatan pada rasa ingin tahu siswa menyebabkan adanya peningkatan
pada prestasi belajar siswa, pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut dari
72,5 mendaji 85,9. Dari kondisi prestasi belajar tersebut dilihat lebih jauh
terhadap yang tuntas juga menunjukkan adanya peningkatan dari 63,33% menjadi 100%. Dengan demikian
pembelajaran yang lebih banyak menuntut siswa berdiskusi untuk memecahkan
masalah dan dengan iringan musik dapat membawa siswa meningkatkan semangat rasa
ingin tahunya, akibatnya hasil tes prestasi belajarnyapun menjadi lebih baik.
ABSTRACT
This study was conducted on past experience concerns about the lack of enthusiasm to learn the chemistry of class X material. This is possible lesson that less support students to get involved in learning. Here is tested Lissend Jawman learning model. Such learning leads students to learn to solve problems through group discussions in a pleasant atmosphere with the help of music. This study aims to increase students' curiosity and learning achievement of chemical bonding material of students through the learning. The scope of this research is students of class X-9 SMAN 1 Batang. The study was conducted in the form of classroom action research. The variables of this research are students' curiosity and achievement. The research instrument decreases the indicator on the variable and each indicator is given its assessment rubric. The data were collected using the sheets for curiosity variables and tests for learning achievement. The data obtained is processed by using descriptive analysis to test the improvement of learning outcomes.
The result of the research shows that there is an increase in both variables after the learning is applied. The students' curiosity score on cycle 1 and cycle 2 was 75.3% to 89.3%, respectively. The increase in students' curiosity led to an increase in student learning chievement, in cycle 1 and cycle 2 in a row from 72.5 to 85.9. From the condition of learning achievement is seen further to the complete also shows an increase from 63.33% to 100%. Thus more learning requires students to discuss to solve problems and with the accompaniment of music can bring students to increase the spirit of his curiosity, consequently the learning achievement test results to be better.
Keyword
Rasa Ingin Tahu,Prestasi Belajar,Lissend Jawman,Ikatan KimiaLihat/Download
Baca - 506 | Download - 6Peneliti/Penulis
Nama | Siti, Ismuzaroh | |
Tempat, Tanggal Lahir | -, 07 Nov 2017 | |
Jenis Kelamin | Perempuan | |
Alamat | Batang | |
Pekerjaan | Guru PNS |