Cari Artikel

PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN STRATEGI PKB BERBANTUAN KARTU DOMINO MATERI PELUANG KELAS XI PM 1 SMK N 1 BATANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2017

Abstrak

SARI

      Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI PM I SMKN 1 Batang. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan melalui strategi PKB pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

      Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus pertama terdiri atas 3 kali pertemuan dan siklus kedua 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini adalah angket rasa percaya diri,tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran menggunakan strategi PKB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket.

      Hasil penelitian menunjukkan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan sebesar 16,15% dari siklus I ke siklus II, komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 16,29% dari siklus I ke siklus II, dan persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 43% dari siklus I ke siklus II.
     Penggunakan strategi peningkatan kemampuan berfikir (PKB) berbantuan kartu domino bisa direkomendasikan sebagai salah satu tipe/cara pembelajaran yang memberi kesempatan pada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keunggulan strategi ini adalah optimalisasi partisipasi siswa.

 

ABSTRACT

      This research is based on the low self-confidence and mathematical communication ability of students of class XI PM 1 SMK N 1 Batang. To overcome these problems, action research is done through the PKB strategy in learning mathematics. This research to improve self-confidence and students' mathematical communication skills.

      This research was conducted in 2 cycles, that is the first cycle consist of 3 meetings and second cycle 3 times meeting. Instruments in this research are self-confidence questionnaires, students' mathematical communication ability test and learning activity sheet using PKB strategy. Data collection techniques used in this study are observation, interview, documentation, tests, and questionnaires.

      The results of the study showed of students' self-confidence increased by 16.15% from cycle I to cycle II, students' mathematical communication increased by 16.29% from cycle I to cycle II, and the percentage of students' learning mastery also increased by 43% I to cycle II.

      The use of strategies to improve thinking skills (PKB) with domino cards can be recommended as one type of learning that gives students the opportunity to actively participate in the learning process. The advantage of this strategy is the optimization of student participation.

Keyword

Strategi Peningkatan kemampuan berfikir (PKB),Kartu Domino,Rasa Percaya Diri,Komunikasi matematis siswa

Lihat/Download

Baca - 506 | Download - 8

Peneliti/Penulis

Nama Anie, Kartika
Tempat, Tanggal Lahir -, 07 Nov 2017
Jenis Kelamin Perempuan
Alamat -
Pekerjaan Guru PNS