Artikel
Cari Artikel
PENGEMBANGAN MODEL PROMOSI WISATA KABUPATEN BATANG DENGAN MOBILE AUGMANTED REALITY
Info Artikel
Tempat Penelitian :Kabupaten Batang
Tahun Penelitian :
2017
Abstrak
SARI
Penyajian
informasi objek wisata di Kabupaten Batang saat ini dilakukan dengan media
brosur, spanduk, reklame dan website.
Selain website, media promosi
tersebut hanya bisa dilihat ketika wisatawan sudah berada di lokasi wisata.
Belum adanya media informasi tersebut tentunya menjadi permasalahan bagi
wisatawan untuk mendapatkan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan
tentang objek wisata yang akan dikunjungi. Penelitian ini bertujuan untuk
membuat model promosi wisata di Kabupaten Batang dengan memanfaatkan Mobile Augmented Reality.
Metode
penelitian yang digunakan meliputi, metode pengumpulan data yang dilakukan
dengan observasi dan pengamatan, metode pengembangan sistem dan metode
pengujian. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall dengan tahapan: communication, planning, modeling,
construction dan deployment.
Sedangkan metode pengujian yang dilakukan adalah dengan graphical user interface (GUI) testing.
Hasil dari penelitian ini adalah terbetuknya
sebuah aplikasi promosi wisata Kabupaten Batang dengan memanfaatkan teknologi Mobile Augmented Reality. Dari hasil
pengujian yang dilakukan di alun-alun Kabupaten Batang, didapatkan hasil 9
(Sembilan) objek wsiata terdeteksi dan 6 (enam) objek wsiata tidak terdeteksi.
Beberapa objek wisata tidak terdeteksi karena jarak dari lokasi pengujian
terlalu jauh (lebih dari 20 km).
Perlu dilakukan penambahan lokasi wisata yang
lebih banyak dan pengujian terhadap aplikasi promosi wisata Kabupaten Batang
dengan memanfaatkan teknologi Mobile Augmented
Reality dengan menggunakan beberapa perangkan mobile android yang memiliki spesifikasi dan koneksi jaringan
internet yang berbeda.
ABSTRACT
The information media about
tourism object at Barang Regency has been doing by brochure, banner,
advertisement, and website. Other than
website, other media can only be seen when the tourist is on the tourism object
location. The condition cause such
problem for the tourist in gaining accurate information, time, and the
relevance about the tourism object destination.
This research aimed at building the tourism promotion model at Batang
Regency by using Mobile Augmented Reality.
The research method used were
data collecttion method that has been doing by observation and monitoring,
system development method and testing method.
The system development method used was waterfall method with the stages
are : communication, planning, modeling, construction and deployment. Whereas the testing method used was graphical
user interface (GUI) testing.
The result of the reasearch is a tourism promotion application in Batang
Regency by using a Mobile Augmented Reality technology. The testing result that has been done at
Batang Regency square yielded that 9 (nine) tourism object was detected and 6
(six) tourism object was not detected.
Some of the tourism object was not detected due to the long distance
from the testing location (more than 20km)
It is necessary to add more tourism location and the testing upon the
tourism promotion application at Batang Regency by using Mobile Augmented
Reality with some android mobile equipment in its specification and with
different internet connection.
Keyword
Wisata,Aplikasi Mobile,Augmented Reality,Kabupaten BatangLihat/Download
Baca - 520 | Download - 36Peneliti/Penulis
Nama | Ichwan, Kurniawan | |
Tempat, Tanggal Lahir | -, 15 Feb 2018 | |
Jenis Kelamin | Laki-Laki | |
Alamat | - | |
Pekerjaan | Dosen |
Nama | Much. Rifqi, Maulana | |
Tempat, Tanggal Lahir | -, 15 Feb 2018 | |
Jenis Kelamin | Laki-Laki | |
Alamat | - | |
Pekerjaan | Dosen |