Cari Artikel

PENGEMBANGAN MODEL PROMOSI WISATA KABUPATEN BATANG DENGAN MOBILE AUGMANTED REALITY


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2017

Abstrak

SARI

      Penyajian informasi objek wisata di Kabupaten Batang saat ini dilakukan dengan media brosur, spanduk, reklame dan website. Selain website, media promosi tersebut hanya bisa dilihat ketika wisatawan sudah berada di lokasi wisata. Belum adanya media informasi tersebut tentunya menjadi permasalahan bagi wisatawan untuk mendapatkan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan tentang objek wisata yang akan dikunjungi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model promosi wisata di Kabupaten Batang dengan memanfaatkan Mobile Augmented Reality.

      Metode penelitian yang digunakan meliputi, metode pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan pengamatan, metode pengembangan sistem dan metode pengujian. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall dengan tahapan: communication, planning, modeling, construction dan deployment. Sedangkan metode pengujian yang dilakukan adalah dengan graphical user interface (GUI) testing.

      Hasil dari penelitian ini adalah terbetuknya sebuah aplikasi promosi wisata Kabupaten Batang dengan memanfaatkan teknologi Mobile Augmented Reality. Dari hasil pengujian yang dilakukan di alun-alun Kabupaten Batang, didapatkan hasil 9 (Sembilan) objek wsiata terdeteksi dan 6 (enam) objek wsiata tidak terdeteksi. Beberapa objek wisata tidak terdeteksi karena jarak dari lokasi pengujian terlalu jauh (lebih dari 20 km).

      Perlu dilakukan penambahan lokasi wisata yang lebih banyak dan pengujian terhadap aplikasi promosi wisata Kabupaten Batang dengan memanfaatkan teknologi Mobile Augmented Reality dengan menggunakan beberapa perangkan mobile android yang memiliki spesifikasi dan koneksi jaringan internet yang berbeda.

 

ABSTRACT

      The information media about tourism object at Barang Regency has been doing by brochure, banner, advertisement, and website.  Other than website, other media can only be seen when the tourist is on the tourism object location.  The condition cause such problem for the tourist in gaining accurate information, time, and the relevance about the tourism object destination.  This research aimed at building the tourism promotion model at Batang Regency by using Mobile Augmented Reality.

      The research method used were data collecttion method that has been doing by observation and monitoring, system development method and testing method.  The system development method used was waterfall method with the stages are : communication, planning, modeling, construction and deployment.  Whereas the testing method used was graphical user interface (GUI) testing.

      The result of the reasearch is a tourism promotion application in Batang Regency by using a Mobile Augmented Reality technology.  The testing result that has been done at Batang Regency square yielded that 9 (nine) tourism object was detected and 6 (six) tourism object was not detected.  Some of the tourism object was not detected due to the long distance from the testing location (more than 20km)
      It is necessary to add more tourism location and the testing upon the tourism promotion application at Batang Regency by using Mobile Augmented Reality with some android mobile equipment in its specification and with different internet connection.

Keyword

Wisata,Aplikasi Mobile,Augmented Reality,Kabupaten Batang

Lihat/Download

Baca - 520 | Download - 36

Peneliti/Penulis

Nama Ichwan, Kurniawan
Tempat, Tanggal Lahir -, 15 Feb 2018
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan Dosen
Nama Much. Rifqi, Maulana
Tempat, Tanggal Lahir -, 15 Feb 2018
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan Dosen