Artikel
Cari Artikel
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA PADA KOMPETENSI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMA N 2 BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Info Artikel
Tempat Penelitian :Kabupaten Batang
Tahun Penelitian :
2017
Abstrak
SARI
Rumusan
masalah penelitian ini adalah apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil
belajar Sejarah Indonesia Kompetensi Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia yang
pembelajarannya menggunakan model Problem
Based Learning. Penelitian
menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil
penelitian menunjukkan:(1) aktivitas belajar peserta didik pada Siklus I
persentasenya83,75% pada Siklus II persentasenya 91,66%, (2) hasil belajar
peserta didik pada Siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 78,94%,
Siklus II mengalami ketuntasan klasikal sebesar 84,97%.
ABSTRACT
The formulation of this research problem is
whether there is an increase in activity and learning outcomes History of
Indonesia Competence of Islamic Kingdoms in Indonesia which learning using
Problem Based Learning model. The research used classroom action research
method with 2 cycles. The results showed: (1) the learning activity of the
students in the first cycle percentage of 83.75% in cycle II percentage 91.66%,
(2) the learning outcomes of learners in the first cycle had classical
completeness of 78.94%, cycle II experienced classical mastery of 84.97%.
Keyword
Aktivitas Belajar,Kerajaan-Kerajaan Islam Indonesia,Problem Based LearningLihat/Download
Baca - 527 | Download - 29Peneliti/Penulis
Nama | Nurrochim, | |
Tempat, Tanggal Lahir | -, 15 Feb 2018 | |
Jenis Kelamin | Laki-Laki | |
Alamat | - | |
Pekerjaan | Guru |