Cari Artikel

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA PADA KOMPETENSI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMA N 2 BATANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2017

Abstrak

SARI

      Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar Sejarah Indonesia Kompetensi Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian  menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan:(1) aktivitas belajar peserta didik pada Siklus I persentasenya83,75% pada Siklus II persentasenya 91,66%, (2) hasil belajar peserta didik pada Siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 78,94%, Siklus II mengalami ketuntasan klasikal sebesar 84,97%.

 
ABSTRACT
      The formulation of this research problem is whether there is an increase in activity and learning outcomes History of Indonesia Competence of Islamic Kingdoms in Indonesia which learning using Problem Based Learning model. The research used classroom action research method with 2 cycles. The results showed: (1) the learning activity of the students in the first cycle percentage of 83.75% in cycle II percentage 91.66%, (2) the learning outcomes of learners in the first cycle had classical completeness of 78.94%, cycle II experienced classical mastery of 84.97%.

Keyword

Aktivitas Belajar,Kerajaan-Kerajaan Islam Indonesia,Problem Based Learning

Lihat/Download

Baca - 527 | Download - 29

Peneliti/Penulis

Nama Nurrochim,
Tempat, Tanggal Lahir -, 15 Feb 2018
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan Guru