Cari Artikel

IMPLEMENTASI GAME BOARD HISTORY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMPN 1 KANDEMAN


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2018

Abstrak

SARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Game Board History; meningkatkan keterampilan sosial peserta didik; dan meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII C SMPN 1 Kandeman.

Inovasi ini merupakan PTK, menggunakan desain spiral Kemmis & taggart. Subyek penelitian adalah 35 peserta didik kelas VIII C SMPN 1 Kandeman. Terdiri atas dua siklus masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus menggunakan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan pada bulan April s.d Mei 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi.

Hasil penelitian diperoleh (1) Pembelajaran Game Board History dapat diimplementasikan pada pembelajaran IPS Kelas VIII C SMPN 1 Kandeman, ada peningkatan rata-rata dari enam tahapan Game Board History, pada siklus 1 rerata 72,92 (baik) dan siklus II rerata 91, 66 (sangat baik); (2) Ada peningkatan rata-rata dari sepuluh indikator amatan keterampilan sosial peserta didik, pada siklus I rerata skor 59,00 (terampil) dan siklus II rerata skor 80,71 (sangat terampil). (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik, pada siklus I ketuntasan belajar 71,43% dengan rerata nilai 78,86 dan siklus II 88,57% dengan rerata nilai 87,14.

Saran bagi pembaca adalah sebagai berikut: Game Board History dapat diterapkan pada semua mata pelajaran tidak hanya IPS, dimana pembelajaran tersebut terdapat konsep materi yang cukup banyak, sedangkan peserta didik kesulitan dalam memahaminya, tinggal jumlah roda bundar dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dapat ditambah maupun dikurangi.

ABSTRACT

This study aims to: to know the implementation of Game Board History increase to students' social skills;and increase to learning social studies of grade VIIIC students of SMPN 1 Kandaman.

This Innovation is a classroom action research, using a Kemmis & taggart spiral design. The subjects of the research was 35 grade VIIIC students of SMPN1 Kandeman. The study consists of two cycles each of which consisted of two meetings. Each cycle consisted of four phases,i.e: planning, implemention and observation, reflection. The action is carried out from April to May 2018. The data collection techniques used were: observation, achievement test, and documentation.

The results of the study are as follows. (1) Game Board History Learning can be implemented in Social Studies at Grade VIII C of SMPN1 Kandeman, there is an average increase of six stages of Game Board History, in the first cycle, the score is 72.92 (good) and in the second cycle, the score is 91.67 (very good) (2) There is an increase average for ten indicators of observance of students' social skills, in the first cycle, score is 59.00 (skilled) and the second cycle, the score is 80.71 (very skilled). (3) There is an increasing mastery of students learning outcomes in social studies as shown in the first cycle 71.43% with had an average of 78.86 and in the second cycle it became 88.57% which had an average of 87.14.

Suggestions for readers are as follows: Game Board History can be applied to all subjects not only Social studies, where the learning there is a considerable concept of material, while students have difficulty understanding it, only the number of round wheels can be adjusted to the needs, can added or subtracted.

Keyword

Game Board History, keterampilan sosial, hasil belajar IPS

Lihat/Download

Baca - 501 | Download - 22

Peneliti/Penulis

Nama Wulan, Dwi Aryanti
Tempat, Tanggal Lahir -, 04 Feb 2019
Jenis Kelamin Perempuan
Alamat -
Pekerjaan -