Cari Artikel

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TEMPAT PRAKTIK DOKTER UMUM, DOKTER SPESIALIS DAN DOKTER GIGI DI WILAYAH KABUPATEN BATANG BERBASIS WEB


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2018

Abstrak

SARI

Jika seseorang sakit, maka perlu mencari dokter untuk mendapatkan pengobatan. Sebagian besar orang pasti akan mencari dokter yang bekerja di dekat rumah atau yang dipercaya. Ada kalanya dokter gigi sedang tutup, kemudian harus mencari dokter lain. Hal ini membutuhkan waktu yang lama untuk mencari tempat praktek dokter. Kesulitan akan meningkat ketika seseorang yang sakit dan membutuhkan dokter spesialis, karena jumlah tempat praktik dokter yang sedikit. Untuk itu dibutuhkan informasi yang dapat digunakan dengan cepat untuk membantu mencari pekerjaan di tempat dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis. Sistem Informasi Geografis merupakan sistem yang mampu menghubungkan berbagai data pada titik-titik tertentu yang memungkinkan dan memetakannya.

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model watelfall (air terjun) dengan tahapan perencanaan, analisis, perancangan dan implementasi.

Hasil yang didapatkan adalah terwujudnya suatu Sistem Informasi Geografistempat praktik dokter umum, dokter spesialis dan dokter gigidi wilayah kabupaten batang berbasis webdinamis, sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat agar mudah menemukan tempat praktik dokter di Kabupaten Batang.

Untuk pengembangan aplikasi selanjutnya,penginputan lokasi tempat praktik dokter dapat secara langsung membuka google maps dengan meletakan marker pada lokasi tempat praktik dokter tersebut tanpa harus menginputkan nilai koordinat lokasi dan dapat dikembangkan lagi ke kategori pelayanan kesehatan yang lainnya.

ABSTRACT

If someone is sick, it is necessary to find a doctor to get treatment. Most people will definitely look for doctors who work near the house or who are trusted. There are times when the dentist is closed, then have to look for another doctor. This requires a long time to find a doctor's practice. Difficulties will increase when someone is sick and needs a specialist, because the number of doctor's practice places is small. For this reason, information is needed that can be used quickly to help find work in place using Geographic Information Systems. Geographic Information Systems have the ability to connect various data at certain points that allow and map them.

The research method used is the watelfall model with stages of planning, analysis, design and implementation.

The results obtained are the realization of a Geographic Information System where the practice of specialist doctors, general practitioners and dentists in the Batang regency is based on dynamic web, so that it can provide information to the public to easily find a place to practice doctors in Batang Regency

For further application development, inputting the location of the practice of the doctor can directly open google maps by placing a marker on the location of the doctor's practice without having to input the location coordinate value and can be developed again to other health service categories.

Keyword

Dinas Perikanan dan Peternakan, Bahan Bakar Minyak (BBM), Waterfall

Lihat/Download

Baca - 547 | Download - 28

Peneliti/Penulis

Nama Bambang, Ismanto
Tempat, Tanggal Lahir -, 04 Feb 2019
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan -
Nama Nurul, Amalia
Tempat, Tanggal Lahir -, 04 Feb 2019
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan -
Nama Wilujeng, Aldila
Tempat, Tanggal Lahir -, 04 Feb 2019
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan -