Cari Artikel

IMPLEMENTASI MODEL MVC (MODEL VIEW CONTROLLER) UNTUK APLIKASI SABER PUNGLI DENGAN BERBASIS FRAMEWORK DAN SMS GATEWAY PADA KANTOR SATGAS SABER PUNGLI KABUPATEN BATANG


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2018

Abstrak

SARI

MVC (Model View Controller) adalah sebuah metode dalam pemprograman yang digunakan untuk memisahkan antara tampila (view), Data (Model) dan Proses sistem (Controller) dengan tujuan mempermudah pengembang dalam melakukan pekerjaan pembuatan sistem dan maintenance.Model tersebut dapat diimplementasikan pada aplikasi saberpungli yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam pelaporan praktek pungutan liar di Kabupaten Batang dan dilengkapi dengan SMS Gateway sebagai sarana untuk memantau perkembangan atau pengaduan melalui SMS serta mempermudah pengembang dalam melakukan maintenace pada sistem. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall yang memiliki 5 tahap yang dijabarkan menurut Pressman 2010 yaitu Communication, Planning, Modeling, Construction dan Deployment. Dalam pengmumpulan data telah dilakukan wawancara dengan beberapa Petugas Pelayanan Teknis Satgas Saber Pungli Kabupaten Batang.Aplikasi Saberpungli ini dapat membantu Masyarakat melakukan Pengaduan pungutan liar secara online, SMS Center dan Call center secara cepat dan tepat.

ABSTRACT

MVC (Model View Controller) is a method in programming that is used to separate views, data (model) and process such systems (controllers) with the aim of facilitating developers to do system building and maintenance work. The model can be implemented on saberpungli application which is used to solve the problems in reporting illegal levies in Batang Regency and is equipped with an SMS Gateway as a means to monitor the developments or complaints via SMS and make it easier for developers to maintain systems. The system development method used is the waterfall method which has 5 stages described in Pressman 2010, namely Communication, Planning, Modeling, Construction and Deployment. In the data collection interviews were carried out with several Technical Service Officers in the Batang Sabli Extortion Task Force. This Saberpungli application may help the community to make online complaints, to be such SMS centers and either quickly or precisely online call centers.

Keyword

Aplikasi Saberpungli, MVC (Model View Controller), SMS Gateway

Lihat/Download

Baca - 514 | Download - 29

Peneliti/Penulis

Nama Hari, Agung B.
Tempat, Tanggal Lahir -, 04 Feb 2019
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan -
Nama Mursalim,
Tempat, Tanggal Lahir -, 04 Feb 2019
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan -
Nama Wahyu, Setianto
Tempat, Tanggal Lahir -, 04 Feb 2019
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat -
Pekerjaan -