Cari Artikel

UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DALAM BERLALU LINTAS MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 WARUNGASEM SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2018

Abstrak

SARI

Dikarenakan letak sekolah yang jauh dari angkutan umum, alat transportasi yang digunakan oleh sebagian siswa adalah sepeda motor. Dalam mengendarai sepeda motor banyak siswa yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas seperti tidak memakai helm, tidak membawa STNK dan belum mempunyai surat ijin mengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu lintas melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Warungasem semester genap tahun pelajaran 2015/2016.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat refleksi oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan dalam melaksanakan layanan.

Metode penelitian menggunakan penelitin tindakan dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam 2 siklus. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mematuhi peraturan lalu lintas

ABSTRACT

Due to the location of the school that is far from public transportation, the means of transportation used by some students are motorbikes. In riding motorbikes, many students don’t bring STNK and a driving license. This study aims to improve discipline in the way of learning through content mastering services for students of Class X Fashion Design at State Vocational High School 1 Warungasem even semester 2015/2016 academic year.

The subjects of this study were students of Class X Clothing. This type of research is Guidance and Counseling Action Research which is a form of research that is reflective by the perpetrators of actions taken to improve the rational ability of actions in carrying out services.

The research method uses action research with planning, action, observation and reflection procedures carried out in 2 cycles. From the results of the study, it can be concluded that content mastering services can improve students' discipline in complying with traffic regulations.

Keyword

Disiplin,Lalu lintas,Siswa

Lihat/Download

Baca - 506 | Download - 23

Peneliti/Penulis

Nama Ahmad, Munir
Tempat, Tanggal Lahir -, 04 Feb 2019
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat SMK Negeri 1 Warungasem
Pekerjaan -