Cari Artikel

NISPANGAT DAN ES KRIM BEJAKU SEBAGAI PRODUK INOVASI TERKINI PKWU DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN PARIWISATA DIKABUPATEN BATANG


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Kabupaten Batang

Tahun Penelitian :
2019

Abstrak

Pemanfaatan sayuran jipang dan beras kencur, jahe serta kunir asem yang masih belum maksimal membuat peneliti memanfaatkan jipang tersebut menjadi manisan yang sehat dan bergizi sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam jangka panjang dan beras kencur, jahe serta kunir asem sebagai produk minuman bejaku yang lebih tahan lama. 

Peneliti menggunakan metode penelitian studi pustaka berupa informasi dari internet, majalah, buku, dan lain-lain. Serta metode observasi yaitu metode pengumpulan data dengan melalui pengamatan. Manisan yang terbuat dari jipang ini memiliki warna, kandungan, dan tekstur yang unik sehingga menambah ketertarikan dari manisan ini. Selain itu, manisan Jipang juga memiliki rasa yang unik, seperti rasa buah Carica asal Dieng. Cara pembuatan Manisan Jipang cukup mudah. Jipang dikupas dicuci bersih lalu dipotong sesuai selera, lalu rendam potongan jipang dengan larutan garam, hal ini bertujuan untuk menghilangkan getah dari jipang. Setelah itu rendam jipang dengan larutan kapur sirih selama semalaman, bilas bersih dan buat sirup manisan dengan larutan gula dengan ditambah daun pandan supaya ada aroma wanginya, buat pewarna alami dengan menumbuk daun suji lalu diperas diambil sarinya. Campurkan asam sitrat, vanili dan pewarna alami kedalam larutan gula, rebus bersama-sama selama 5 menit. Setelah itu angkat dan dinginkan supaya lebih segar. Manisan Jipang dipasarkan secara langsung sebagai produk unggulan khas bawang.

Jamu-jamuan merupakan minuman yang berasal dari tanaman herbal dan sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia khususnya untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang terkandung dalam tanaman herbal/jamu-jamuan seperti kencur, jahe, dan kunir memang sangat dibutuhkan untuk tubuh seperti penambah nafsu makan pada anak-anak. Namun, masih banyak masyarakat yang kurang menyukai jamu-jamuan dan masyarakat kurang mengetahui tentang manfaat apa saja yang terdapat pada jamu-jamuan yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan tubuh jika kita mengkonsumsinya. Para pedagang kecil yang menjual jamu-jamuan biasanya hanya menjualnya dalam bentuk jamu-jamuan biasa dengan harga yang relatif murah. Kurang tertariknya masyarakat pada jamu-jamuan sering membuat mereka kekurangan vitamin dan menjadikan daya tahan tubuh yang menurun. Pengolahan jamu-jamuan untuk mengganti rasa pada es krim yang biasanya beredar di masyarakat merupakan salah satu cara untuk mengurangi berbagai masalah tersebut. Cara pengolahan jamu-jamuan menjadi pengganti rasa pada es krim tidak memerlukan biaya yang besar, sehingga menjadikan peluang bagi masyarakat untuk membuka usaha yang sangat menguntungkan.

Bagi siswa yang tidak melanjutkan sekolah keperguruan tinggi, dapat memanfaatkan peluang ini, sehingga para siswa memiliki usaha setelah lulus. Manfaat lainnya bagi masyarakat dapat memanfaatkan jamu-jamuan menjadi pengganti rasa pada es krim untuk menarik ketertarikan masyarakat lainnya terhadap jamu-jamuan. Minuman bejaku yang terbuat dari beras kencur, jahe serta kunir asem sebagai minuman sehat dan berkualitas dan sebagai produk unggulan khas bawang sebagai daerah dingin. 


Keyword

Nispangat, Bejaku, Inovasi, PKWU dan Pariwisata

Lihat/Download

Baca - 521 | Download - 10

Peneliti/Penulis

Nama Lilik Retno, Willianti
Tempat, Tanggal Lahir -, 07 Nov 2017
Jenis Kelamin Perempuan
Alamat -
Pekerjaan Guru PNS
Nama Tyas Estiningsih, S.Pd,
Tempat, Tanggal Lahir Batang, 24 Feb 2020
Jenis Kelamin Perempuan
Alamat Batang
Pekerjaan Guru