Artikel
Cari Artikel
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINIER DENGAN METODE PROBLEM BASE LEARNING DI LABORATORIUM TEENZANIA PADA KELAS X SMK NEGERI 1 BATANG
Info Artikel
Tempat Penelitian :KABUPATEN BATANG
Tahun Penelitian :
2020
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah metode Problem Base Learning di Laboratorium Teenzania dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Program Linier kelas X SMK Negeri 1 Batang, dan (2) Apakah metode Problem Base Learning di Laboratorium Teenzania dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Program Linier siswa kelas X SMK Negeri 1 Batang.
Pelaksanaan penelitian dilakukan dua kali tindakan (dua siklus) dengan subyek penelitian siswa kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Batang. Setiap siklus tindakan meliputi rencana/persiapan, pelaksanaan tindakan dan refleksi (pemantauan dan evaluasi), pengumpulan data awal melalui tes ulangan harian sebelum dilaksanakan penelitian, sedangkan teknik pengumpulan data penelitian melalui hasil ulangan harian siswa dan pengamatan aktivitas belajar siswa.
Hasil penelitian rata-rata ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 18,18% dari siklus I ke siklus II, aktivitas siswa dalam pembelajaran materi Program Linier juga mengalami peningkatan sebesar 6,39% dari siklus I ke siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Base Learning di Laboratorium Teenzania dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa kelas X SMK Negeri 1 Batang.
Keyword
hasil belajar matematika, aktivitas, problem base learning, laboratorium teenzaniaLihat/Download
Baca - 527 | Download - 3Peneliti/Penulis
Nama | ANIE, KARTIKA | |
Tempat, Tanggal Lahir | ', 19 Aug 2020 | |
Jenis Kelamin | Laki-Laki | |
Alamat | . | |
Pekerjaan | GURU SMK N 1 BATANG |