Cari Artikel

PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA


Info Artikel

Tempat Penelitian :
Batang

Tahun Penelitian :
2020

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika dan mengetahui respon siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bandar terhadap proses pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantu media manipulatif. Diharapkan dengan model pembelajaran ini, aktivitas belajar fisika meningkat dan siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran. Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Bandar. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Banyak tindakan sebanyak 2 siklus. Tiaptiap siklus terdiri atas empat tahapan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi hasil tindakan, dan refleksi hasil tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantu media manipulatif dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa dari kondisi awal siklus I 70,5 % menjadi 81,5 % pada kondisi akhir siklus II, berarti ada peningkatan sebesar 11 % dan menerima respon positif dari siswa sebesar 93,13 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantu media manipulatif dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika dan memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran.  


ABSTRACT

The purpose of this study was to improve physics learning activities and to find out the response of class XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bandar to the learning process using discovery learning model assisted by manipulative media. It is expected that with this learning model, physics learning activities will increase and students will respond positively to the learning process. The place of research was conducted at SMA Negeri 1 Bandar. The research subjects were students of class XI MIPA 2 semester 2 of the 2020/2021 academic year, totaling 36 students. The method in this research is classroom action research. Multiple actions in 2 cycles. Each cycle consists of four stages including planning actions, implementing actions, observing and evaluating the results of actions, and reflecting on the results of actions. The results showed that the discovery learning model assisted by manipulative media can increase students' physics learning activities from the initial conditions of the first cycle 70.5% to 81.5% at the end of the second cycle, meaning there is an increase of 11% and received a positive response from students of 93.13%. It can be concluded that the application of discovery learning model assisted by manipulative media can increase physics learning activities and provide a positive response to the learning process.

Keyword

discovery learning, media manipulatif, aktivitas belajar siswa

Lihat/Download

Baca - 505 | Download - 2

Peneliti/Penulis

Nama Mohamad, Arief
Tempat, Tanggal Lahir Jakarta, 21 Dec 1979
Jenis Kelamin Laki-Laki
Alamat Jl. KH. Hasyim Asyari Gg. 6 No. 16 RT. 02 RW. 07 Kelurahan Setono Kota Pekalongan 51123
Pekerjaan Guru SMA N 1 Bandar